Cara Print, Scan, dan Cetak Menggunakan Ponsel Android

Bagaimana Cara Print Scan dengan ukuran kertas yang pas? Pada zaman dahulu untuk mencetak dokumen ke kertas dibutuhkan perangkat mesin ketik untuk menulis. Namun pada saat ini, dengan komputer kita dapat mencetak gambar, dokumen, file, poster, kartu keluarga, kartu nama, kartu undangan dan lainnya. Hardcopy memang sangat dibutuhkan meskipun file softcopy lebih mudah disimpan.

Tidak hanya pada penggunaan notebook, komputer atau tablet, dalam sistem operasi Android juga tersedia processor yang mampu menjalankan activity untuk mencetak dokumen dengan konektivitas ke printer. Tanpa printer kita tidak dapat mencetak softcopy yang berupa berkas eletronik dengan format seperti .DOCX, .PNG, .JPEG, .XLS, .XLSX , .TIF, .PDF , .PSD, .PPT dan sebagainya.

print scan android ke printer

Beberapa pilihan bagi Anda yaitu dengan menggunakan aplikasi yang mendukung terbentuknya hubungan connectivity antara smartphone dengan printer. Jadi kita bisa melakukan proses SCAN FOTO, SCAN KTP, Cetak Surat Lamaran Kerja, Fotocopy ijazah, serta aktivitas lain. Ukuran kertas pun juga tersedia sangat lengkap dalam setting apps ini, contohnya kertas A3, A4, Quartro, F4, A5, Pas Foto.

 Menggunakan PrinterShare
Aplikasi yang paling populer digunakan adalah PrinterShare. Melalui aplikasi ini Anda disediakan dua opsi yaitu Nearby dan Remote. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:
  1. Download aplikasi PrinterShare melalui komputer dan koneksikan smartphone Android Anda sebelum proses instalasi berlangsung. Kemudian pilih jenis printer yang tersedia.
  2. Pada saat komputer dan printer masih menyala. Jalankan aplikasi melalui Android dan aktifkan WiFi. Lalu pilih file yang ingin Anda print melalui menu pilihan pada PrinterShare.
  3. Langkah terakhir adalah klik pada tombol "Print" untuk memulai pencetakan.

Menggunakan Google Cloud Print
Cloud Print adalah layanan yang disediakan oleh Google yang dikenal juga sebagai media penyimpanan secara online. Untuk menggunakan layanan ini yang perlu Anda lakukan adalah menginstall Google Chrome dan aplikasi Cloud Print.
  • Pada Google Chrome pilih menu "Setting" kemudian "Advanced Setting" dan klik pada Add Printer pada bagian Google Cloud Print.
  • Pada aplikasi Cloud Print setelah di install lakukan login menggunakan Google Account Gmail anda kemudian berikan akses akun agar dapat mengakses Cloud Print. Langkah terakhir adalah memilih tipe printer yang Anda gunakan (Cocokkan tipe dan merk nya). 
  • Untuk memulai pencetakan, pilih file yang akan dicetak melalui aplikasi Cloud Print. Lalu klik "Click here to print".
  • Mengganti Jenis Text Font yang digunakan agar hasilnya bagus sesuai dengan desain bisa juga diatur.
Demikian ulasan kami mengenai Cara Print, Scan,dan Cetak Menggunakan Ponsel Android. Semoga bermanfaat untuk Anda yang jago design art, create a vector logo, kesehatan device anda.
di 9:20 AM

Belum ada komentar untuk "Cara Print, Scan, dan Cetak Menggunakan Ponsel Android"

Post a Comment

Back to Top