Cara Mengembalikan File yang Hilang atau Terhapus

Cara Mengembalikan File yang Hilang atau Terhapus - Data adalah informasi yang disimpan oleh seseorang. Tetapi banyak dari kita yang tidak sengaja saat menghapus suatu berkas atau sengaja dihapus karena tidak dibutuhkan lagi. Nah, untuk itu buat anda yang ingin memulihkan file atau data yang hilang, anda benar jika berada di artikel ini.

cara mengembalikan data file yang hilang atau terhapus

Cara Mengembalikan dan Memulihkan Data yang hilang sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara contohnya dengan menggunakan software, dengan command prompt, atau dengan kernel operating system yang dipakai. Lalu, jenis data apa saja sih yang bisa dibalikin lagi?

Seperti yang kamu ketahui, data itu bisa berbentuk file music, photo, video, document, game, apk android, powerpoint, exe program, bat file, java project, dll. Dengan permasalahan tersebut, divandroid akan mengajarkan kepada anda beberapa tips mengembalikan file yang hilang atau terhapus tadi.

Beberapa penyebab kehilangan data pada berbagai perangkat :
  • File rusak / corrupt
  • Datanya terhapus
  • File terkena virus sehingga isinya berubah
  • Data tersebut tersimpan dalam Hardware yang rusak
  • Berbeda perangkat untuk mengakses Datanya
  • Data disimpan dalam paket format tertentu begitupun membuka data nya. ( contoh .rar harus pakai Winrar untuk membukanya )
  • File tersebut diberi password ( Namun anda lupa password sehingga terkunci )
Untuk itu, perlu dilakukan recovery files pada data yang hilang, terhapus, atau disembunyikan tersebut. Setiap data mempunyai elemen khusus saat anda melakukan save file di aplikasi program yang digunakan. Oleh karena itu sebelum membuka beragam jenis tipe files, maka kenali terlebih dahulu formatnya ya. ^^

Cara Mengembalikan File yang terhapus dan hilang permanen di komputer :

  1. Biasanya kita menghapus file secara permanen yaitu dengan menekan tombol SHIFT+DELETE yang artinya kamu tidak dapat menemukan di tempat Recycle bin atau tempat sampah dari data.
  2. Langkah pertama, anda bisa menggunakan software recovery cerdas yaitu dengan Recuva. download disini.
  3. Recuva adalah sebuah software utilities yang berfungsi untuk mengembalikan data yang terhapus secara permanen, baik karena pengosongan recycle bin, terformat, crash system maupun yang lenyap karena virus yang menyerang komputer anda.
  4. Cara menggunakannya sangat mudah, silahkan install terlebih dahulu setelah anda unduh tadi dengan cara double click. Pilih Yes jika ada jendela User Account Confirmation muncul.
  5. Selanjutnya akan muncul jendela sambutan Welcome to Recuva, klik saja "next" dan ikuti perintahnya.
  6. Kemudian akan tampil dashboard menu recuva, pilih file yang akan dipulihkan atau yang ingin anda kembalikan berdasarkan periode waktu yang dapat anda atur. kalau ingin cek semua file klik saja "All Files" dan setelah itu All Time.
  7. Selanjutnya pilih lokasi file tersebut berada ketika hilang, jika anda lupa pilih saja I'am not sure.
recovery files with recuva

Proses tadi adalah untuk melakukan identifikasi files anda agar dapat ditemukan serta dikembalikan dengan cepat. Karena jika anda lupa akan semua informasi tentang data yang hilang tersebut maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Klik "Start" untuk memulai scanning pencarian files.
Setelah semua files ditunjukkan ke layar anda, silahkan pilih files yang hilang tersebut dengan cara memberikan ceklis / centang pada checkbox yang tersedia.

cara mengembalikan file yang hilang dan terhapus 2

Lamanya proses recovery data yang berlangsung sangat bergantung seberapa banyak dan besarnya file yang dipulihkan ini berarti semakin banyak dan besar file yang dipulihkan maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Setelah selesai proses recovery data yang hilang silahkan cek data anda difolder yang telah anda pilih dari langkah sebelumnya lalu untuk menyimpan data yang dipulihkan tadi, siahkan cari lokasi foldernya.

Cara Mengembalikan isi data pada Flashdisk karena terkena virus :

Pada dasarnya virus jahat yang suka menghilangkan file dalam flashdisk hanya menyembunyikan file asli menjadi "super hidden" dan membuat file tiruan dalam bentuk shortcut. File ini dipaket dalam suatu konstanta format tipe file yang dikenali sistem sehingga datanya akan tersembunyi dan terkunci. tetapi tenang saja, semua isi dari flashdisk anda akan baik dan aman-aman saja.
files data
Berikut ini tips dan tutorial cara mengembalikan isi flashdisk dengan aman :
1. Silahkan anda masukkan Flashdisk yang bermasalah ke port komputer.

2. Hapus shortcut yang ada (flashdisk akan tampak kosong)

3. Buka "Start" Windows, ketik "CMD" (tanpa petik) pada kotak teks "Search programs and files" lalu enter, atau bisa melalui : "Start", "All Programs", "Accessories", pilih "Command Prompt".
cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk
4. Lalu masuk pada direktory tempat flashdisk tersebut berada dengan memasukkan perintah dalam jendela command prompt yang muncul yaitu input huruf drive-nya, sebagai contoh misal drive flashdisk-nya di G, maka ketikkan "G:" (tanpa petik) lalu enter.

5. Selanjutnya ketikkan "attrib -s -h *.* /s /d" (tanpa petik serta perhatikan spasinya) lalu tekan enter.

command prompt attrib
6. Akhirnya selesai dan beruntunglah saudara. Setelah semua langkah diatas dilakukan, sekarang saatnya melihat hasilnya. Buka "Windows Explorer" lalu lihat isi dari flashdisk tadi, file dan folder telah muncul kembali seperti sebelumnya. Bagaimana cara membuka file isi flashdisk yang terkunci ya? akan dibahas dalam tutorial berikutnya.

Cara Mengembalikan File di Memory Card ( Eksternal SD Card ) :

Cara mengembalikan file yang terhapus pada memory card adalah dengan memanfaatkan salah satu software atau tools yang berfungsi untuk Recovery Data kita yang ada pada memory card. Tidak hanya memory biasa, memori kamera juga bisa mengembalikan foto-foto anda ketika rekaman dihapus orang lain. Tools tersebut adalah PC Inspector File Recovery.

PC Inspector File Recovery sebenarnya juga berfungsi pada harddisk anda hanya saja memakan waktu yang agak lama karena proses pencarian file yang secara detail.

Download File Memory Recovery

Tutorial penggunaan :
1. Klik Icon PC Inspector Recovery yang sudah Anda instal tadi.
2. Kemudin Anda pilih bahasa yang di pergunakan, Untuk itu pilih saja English karena Bahasa Indonesia tidak tersedia. Setelah itu Klik lah gambar Centang yang berwarna Hijau.
3. Anda akan di minta untuk memilih Antara Recover Delete File
(berguna untuk menemukan file atau folder yang pernah terdelete), Find Lost Data ( Menemukan file atau folder yang sudah terformat) , dan Find Lost Drive ( Menemukan File Drive). Di sini saya akan memberikan contoh untuk ilustrasi pilihan yang pertama.
4. Setelah Klik Recover Delete File, Anda akan di minta untuk memilih di drive mana file Anda itu
pernah hilang. Pada ilustrasi ini saya akan memakai Drive D. Selanjutnya, Klik gambar Contreng hijau untuk melanjutkan nya.
5. Pilih File yang ingin dikembalikan.
6. Setelah itu Save lah File/Folder itu ke dalam Directory yang Di Inginkan. Kemudian Klik gambar Roda dan berikan tanda Centang berwarna Merah.
7. Setelah di Save buatlah Nama Folder yang baru. Dengan Seketika Folder kembali ke dalam drive yang Anda tentukan barusan, Kemudian Klik ceklis yang berwarna Hijau.
Selesai

Demikian tutorial kami mengenai Cara Mengembalikan File yang Hilang atau Terhapus. Semoga dapat mengamankan informasi pribadi yang penting untuk kebutuhan anda di masa mendatang. Baca juga Tips membuka Pola Kunci HP Android yang terblokir.
di 5:00 PM

Belum ada komentar untuk "Cara Mengembalikan File yang Hilang atau Terhapus"

Post a Comment

Back to Top