Cara Upgrade RAM Android dan Komputer

Pada artikel sebelumnya telah dibahas Cara Menambah Kapasitas RAM. Dengan topik yang sama, apakah anda tau cara upgrade ram android atau pada komputer anda? Jika sudah tau tidak apa-apa dibaca saja mungkin ada tips and trick berbeda. hahaha

Apa itu RAM? Ram adalah singkatan dari Random Access Memory (english). RAM Berfungsi sebagai penampung data (dalam bentuk file) program berjalan untuk diproses oleh prosesor (CPU). Jadi, pada inti semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat sebuah proses dilakukan karena prosesor dapat memproses lebih banyak data apabila diperlukan.
upgrade ram di android

Jenis memori RAM juga bermacam-macam dari sudut cara kerja dan desainnya (module). Ada beberapa jenis ram yaitu SODIM, DDR 1, DDR 2 dan sekarang biasanya laptop atau notebook memakai DDR 3.

RAM pada komputer laptop ASUS, Sony VAIO, acer, toshiba, HP, compact, axio, advan, zyrex, samsung, dan semua merek lainnya menggunakan memory yang sama dan beberapa diantaranya menunjukkan simbol di casing dengan baut sebagai tanda tempat memory laptop letaknya.

Cara upgrade ram android sebenarnya sangatlah mudah seperti cara upgrade os android ke versi terbaru. Tetapi saya akan menjelaskan cara mengganti ram pada laptop komputer terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara untuk menambah ram pada slot yang tersedia di laptop anda :

1. Lihat bagian belakang laptop anda. Perhatikan ada bentuk kotak yang dibeli rongga / celah dan di sampingnya terdapat baut. Biasanya berada di lokasi tengah.

2.Buka kap casing penutup RAM. Kemudian tekan pengunci RAM kekanan dan kekiri arah keluar

3. Setelah kunci ditekan keluar, maka posisi RAM akan naik keatas dan miring.

4. Tarik dan angkat RAM nya. Anda juga bisa menambahkan RAM baru jika ada slot banyak di sampingnya. Biasanya kalau RAM pada laptop hanya tersedia 2 slot dan diberi batasan upgrade up to 8GB atau up to 16GB.

Setelah berhasil anda membukanya, Sekarang bagaimana cara untuk memasang kembali:

1. Pasang RAM pada slot RAM yang tersedia dengan keadaan miring jangan lurus karena nanti takut merusak port (posisi waktu tadi mengambil RAM)

2. Pastikan posisi RAM sudah pas dan mentok ke dalam slot RAM

3. Ketika RAM sudah tepat dan lurus saatnya sekarang tekan RAM kebawah (seperti posisi RAM yang terkunci sebelumnya) sampai berbunyi klik.

4. Selesai

Berbeda dengan komputer desktop/ laptop dimana kita dapat mengganti komponen RAM dengan yang berkapasitas lebih besar, komponen RAM pada smartphone tidak dapat diganti keinginan pengguna. Lalu bagaimana cara mengatasi RAM yang kepenuhan dan ingin anda upgrade?

Untuk beberapa hp smartphone Android biasanya memiliki kapasitas RAM yang kecil, padahal sistem operasi membutuhkan RAM yang cukup untuk mengoperasikan sistem dengan baik dan cepat. Prinsip kerjanya, RAM merupakan tempat penyimpanan data sementara sebelum data masuk dan diolah oleh processor bisa juga disebut gerbang proses.

Cara Menambah RAM pada Android dapat kita lakukan dengan aplikasi bantuan milik Google. Salah satu cara menambah RAM Android adalah dengan menggunakan Memory Virtual. Prisip kerja memory virtual pada ponsel ini sama saja dengan Memory Virtual pada PC desktop/ laptop . Pada smartphone Android kita akan menggunakan beberapa space pada memori eksternal untuk digunakan sebagai space tambahan RAM.Berikut langkah-langkah menggunakan Aplikasi RAM Swapper Android.
  • Unduh dan Install Aplikasi Swapper
  • Buka aplikasi Swapper yang sudah di-install    
  • Aktifkan opsi Active Swap on Boot.
  • Di bagian Swap File Position, pilihlah opsi SD Card FAT Partition.
  • Di bagian Swap File Size, masukkan space yang sobat inginkan untuk digunakansebagai virtual memori, misalnya saja 1024MB.
  • Simpan setting konfigurasi anda.
PENTING! Tidak semua perangkat Android mendukung Aplikasi Swapper ini. Ada beberapa device yang tidak support dengan Aplikasi Swapper ini dan dapat berakibat device menjadi brick. Jadi pastikan terlebih dahulu smartphone Android mendukung aplikasi Swapper.

Jika aplikasi Swapper masih belum cukup untuk meningkatkan kinerja RAM kalian, maka anda dapat mencoba opsi lainnya yaitu dengan menggunakan Booster SD to RAM. Cara Mengatasi Memory Card yang tidak terbaca disini.

Cara Menambah RAM Android dengan Aplikasi SD Booster

Agar dapat menjalankan fungsi Swap RAM, SD card atau microSD yang digunakan haruslah microSD yang memiliki kualitas tinggi dimana nilai Write dan Read tinggi. Akan lebih baik jika sobat menggunakan paling tidak microSD class 10 dari merek yang bagus seperti punya saya merk Samsung asli.

Tetapi jika sobat tidak memiliki micoSD tersebut dengan kemampuan Read/ Write yang baik, sobat dapat mencoba aplikasi SD Booster. Aplikasi ini berfungsi untuk meningkatkan kemampuan SD card dengan cara menaikan kecepatan Write dan Read. Berikut cara mengkonfigurasi Aplikasi SD Booster:
  1. Download Aplikasi SD Booster For RAM , kemudian install
  2. Buka aplikasi SD Booster
  3. Pada isian Cache Size isikan nilai cache yang diinginkan. Nilai cache yang direkomendasikan adalah 1024 kb atau 2048 kb. Sedangkan nilai yang ditunjukkan di kolom Cache Size (Current) menunjukkan nilai cache yang digunakan saat ini.
  4. Check Set On Boot, fungsinya agar nilai cache tidak secara otomatis kembali ke awal setiap kali perangkat Anda mengalami restart.
Dan sekarang SD card anda sudah bisa menunjang proses RAM yang memiliki beban banyak untuk dipindahkan otomatis ke sd card. Selain itu keunggulan khusus dari SD Booster ini adalah dapat memperlancar anda saat bermain musik, jugsa saat mendengarkan musik dengan aplikasi Peningkat suara bass yang butuh kinerja lebih. Demikian, artikel cara upgrade RAM Android dan Komputer semoga dapat bermanfaat.

Belum ada komentar untuk "Cara Upgrade RAM Android dan Komputer"

Post a Comment

Back to Top