Cara Mengosongkan Memori Internal Android dengan Mounts2SD

Cara Mengosongkan Memori Internal Android Ampuh on AndroidHint.com -
Mounts2SD adalah aplikasi yang digunakan untuk memindahkan setiap program Android (.apk) yang diinstall dari internal ke eksternal memori ( SDCard, MicroSD ) dengan bantuan Link2SD sebagai librarynya.
Berdasarkan beberapa forum android, banyak terjadi keluhan pengguna yaitu Mengalami problem Low space memory atau kekurangan kapasitas penyimpanan aplikasi yang berjalan ke memori anda yaitu memori Internal di masing-masing ponsel android.

Hal ini bisa dilihat dari ukuran kebanyakan memori internal tiap-tiap Android dan ukuran aplikasi-aplikasi Android. Misalkan saja Samsung Galaxy Y Duos yang hanya memiliki kapasitas internal di kisaran 180MB, Samsung Galaxy Young RIO hanya 1,48GB, dll baru beberapa aplikasi yang di instal sudah kehabisan memori.
http://divandroid.blogspot.com

Kini, seiring berjalan waktu, ponsel-ponsel pintar ini sudah dibekali berbagai spesifikasi yang mewah jauh dari perkiraan kita. Memori internal 16GB, prosesor quad-core, RAM 1GB, OS Android Jelly Bean 4.3, mungkin sudah cukup membuat hidup anda sedikit lebih bergairah. Lantas bagaimana nasib smartphone-smartphone terdahulunya?

Untuk mengakali memori internal Android agar tetap longgar, ada berbagai teknik yang tiap-tiap orang menggunakan cara yang berbeda-beda. Ada yang hanya memindah aplikasi tanpa melakukan root dengan cara move to SD lewat system atau dengan Gemini App Manager, ada yang memakai Link2SD untuk memindah aplikasi Android ke SDCard, ada INT2EXT untuk memindah internal Android ke partisi kedua SDCard, banyak sekali.

Baru-baru ini saya bereksperimen mencoba sebuah custom ROM Jelly Bean 4.3 yang saya temukan di forum XDA Developer untuk Xperia Mini saya. ROM nya terbilang cukup smooth dan stable, sudah tidak ada bug yang keluar, ramah untuk bermain game dan yang pasti menyisakan banyak sekali space internal. Namun sayang, ada sebuah kendala disini.

Dari dulu saya selalu memakai Link2SD untuk memindah aplikasi-aplikasi eksternal saya ke SDCard. Dengan menggunakan partisi EXT3, setelah saya lakukan flashing kemudian konfigurasi seperlunya langsung saya instal Link2SD tersebut. Entah apanya yang salah, Link2SD sudah sinkron dengan partisi kedua, sudah berhasil membuat link dari tiap-tiap aplikasi yang terinstal, namun setiap kali di reboot selalu file LIB nya menjadi ter-unlink semua. Dulu saya pernah mengalami kejadian serupa namun hanya dalvik-cache nya saja yang ter-unlink. Barang kali ini karena ROM yang saya pakai dan setelah itu mau tidak mau saya cari alternatif lain.

Sekarang saya memakai Mounts2SD. Hampir sama seperti Link2SD, namun fungsinya ini berbeda. Jika anda ingin menggunakan Link2SD silahkan pergi ke artikel Cara Menggunakan Links2SD untuk memindahkan aplikasi ke Memory Card.

Secara prinsip, Link2SD tidak memindah secara keseluruhan aplikasi-aplikasi eksternal anda melainkan hanya me-link saja ke second partition dengan catatan aplikasinya tetap di internal namun semuanya bertumpu ke second partition. Sedangkan Mounts2SD ini mirip dengan A2SD / DC2SD. Mounts2SD memindahkan aplikasi ke sd-external (partisi kedua) tanpa membebankan memori internal Android. Mungkin hanya sedikit dari cache aplikasi anda saja yang sebagian masuk ke memori internal. Tak heran jika dengan menggunakan Mounts2SD ini internal anda akan benar-benar kosong dan melegakan memori hp android anda.
cara mengosongkan memori internal di hp android
cara mengosongkan memori internal divandroid
cara mengosongkan memori internal di hp android2

Contoh tersebut, saya menggunakan sekitar 30 lebih aplikasi pihak ketiga yang terinstall. Setelah memakai Mounts2SD, memori internalnya tetap free dan seluruh aplikasi saya itu masuk ke second partition (lihat gambar pertama). Tidak seperti pada waktu memakai Link2SD.

Cara Mengosongkan Memori Internal Android dengan Mounts2SD :

Langkah Pertama, install Mounts2SD ke smartphone anda. Mounts2SD bisa di download langsung via Play Store dan itu gratis. Kedua, buka Mounts2SD. Ikuti tutorial cara install aplikasi mounts2sd gambar dibawah ini :

cara mengosongkan memori internal android
cara melegakan memori internal android
cara mengosongkan memori internal android1
cara mengosongkan memori internal android2

Keluar dari Application Settings, geser ke tab kedua (gambar kunci inggris) cari Applications, Libraries, Data, & Dalvik Cache, lalu centang opsi ini
cara install aplikasi mounts2sd
Selesai.
Selanjutnya lakukan Reboot / Restart ponsel Android anda.

Dengan aplikasi Mounts2SD, anda tidak perlu repot untuk melakukan create link seperti di aplikasi LINK2SD Android. Semoga tutorial cara mengosongkan memori internal android dengan Mounts2sd ini dapat menjadi langkah awal untuk oprek android menjadi dewa. xD
di 6:13 PM

100 komentar untuk "Cara Mengosongkan Memori Internal Android dengan Mounts2SD"

  1. GAN LIBRARIES GAK BISA DI CENTANG, SOLUSINYA BAGAIMANA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. libraries tidak dicentang ga masalah kok mas.
      soalnya di beberapa tipe hp android memang tidak tersedia untuk librariesnya juga.

      Delete
  2. Ente pake Android ICS atau JB gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pake Jelly Bean gan, cuma kakak saya pake ICS.

      Delete
  3. gan, ane dah pindahin tu aplikasi n game, tpi tiap ane hbs main game ko, memori intrnl ttp berkurang yak? mohon pencerahannya dong gan.... apa tu krn lib nya gk bsa d centang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan librari nya harus terceklis biar bisa.
      hp nya udah di root belum?

      Delete
    2. udah gan, apa krn versi androidnya 4.1 ya gan? soalnya ane baca tu lib ny bsa nongol cma d v 4.2, klo emang gitu solusiny gmn gan?

      Delete
    3. tapi hp ane pake jelly bean bisa kok gan.
      memang hp nya tipe apa gan?

      Delete
    4. hp ane xj gan. o ya gan, klo misal link2sd d kombinasiin ma mounts2sd kira2 crash gk ya gan?

      Delete
    5. wahhh bentrok gan, nanti malah lemot loh androidnya soalnya bentrok user permissionsnya gan.

      Delete
    6. udah saya instal gan tapi ko librarinya ndh bisa di centang ya?

      Delete
  4. suhu itu kalo partisinya pake ext2 bisa ga, apa harus ext3 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga tinggal dirubah aja tapi pada umumnya sama aja.
      kalo link2sd di ext2, mount2sd dia otomatis bisa ext2 / ext3.
      saran saya biarin aja ext3, mungkin ext2 nya sudah dipakai untuk space lain.

      Delete
  5. MASIH GAK ADA PERUBAHAN GAN, MOHON BANTUANNYA WHATSAPP 082291282622

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada perubahan bagaimana mas?
      memang memorinya masih sama tapi bisa ke link ke micro sd card. ext2 dan ext3 itu ga keliatan mas..
      silahkan add facebook aja mas.

      Delete
  6. tidak ada perubahan gan?
    setelah di install pake mounts2sd memori internal tetap aja terpakai...(memori internalnya habis).
    bagaimana cara supaya librarynya kecentang ya gan?
    mohon bantuannya ya gan?

    ReplyDelete
  7. punyaku libraryne gk kecentang tetep gk kepakai internale... mounts2sd nyaman sangat,,,,

    ReplyDelete
  8. kenapa setelah saya instal gan, ada tulisan missing SuperUser..
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu hp mas belum di root ya?
      silahkan di root dulu ya.

      Delete
    2. Apakah harus di root dulu ya??
      Klo tanpa root pke aplikasi apa gan??

      Delete
  9. punya saya juga mad sama seperti komen" di atas,,, bahkan punya saya gag bisa di centang smua,,, minta bantuan nya mas,, saya pke jb dah di root juga,,, thank

    ReplyDelete
  10. bro, aku uda pake mounts2sd tp librariesnya g bs dicentang, trs tiap nginstall tetep makan memory. hpny JB 4.1,
    mhon solusinya?

    ReplyDelete
  11. Gan saya udh install mount2sd nya..trus aplikasi2 yg sebelumnya udh keinstall ap otomatis pindah ke sdcard? Atau hrs diinstall ulang supaya pindah ke sdcarnya?
    Ohya..setelah install mount2sd ini, link2sd saua kok gk bisa dibuka ya? Ap memang gk bisa dipake barengan?

    Trmakasih bgt utk pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplikasinya yang sebelumnya terinstall silahkan dibuat link mas, jad belum ke pindah ke sd card secara otomatis. klik aplikasinya klik Create Link, terus ada tulisan pindah ke sd. Baru kalau gitu udah pindah.
      Kalau pakai mount2sd dan link2sd dia akan bentrok gan alias berantem.
      Yang menang adalah yang terakhir kali diinstall.
      jadi pakai salah satu aja ya jgn dua duanya malah bikin leg dan lambat lho..

      Delete
    2. Cara create link itu gimana mas?

      Delete
  12. gan punya saya gak bisa di conteng semuanya ? kaya nana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mount2sd di hp saya juga sama , ga ada yg bisa di centang cm system apps aja, mohon bantuannya gan

      Delete
  13. Gan..kok ane abis instal mount2sd di galaxy mini ane,,hp nya restart terus menerus ya..?solusi dong..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk galaxy mini harus install cwm yang sudah support Mount2sd mas.
      Untuk download file dan keterangannya silahkan meluncur ke http://android-bandung.blogspot.com/2012/09/install-cm10-mount2sd-di-samsung-galaxy_3166.html

      Delete
  14. Tampilan mounts2sd saya gak kayak gitu? gmn tuh?

    ReplyDelete
  15. Punya ane tampilan mounts2sdnya gk kayak gitu?
    gimana tuh gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang belum diinstall gan, karena ga semua tipe dan jenis hp itu support . baca di http://androdiot.blogspot.com/2014/02/devromgb236super-stable-gingersleek.html

      Delete
  16. saya coba dulu gan kalau ada kendala saya komen lagi.. btw thq before :D

    ReplyDelete
  17. gan kok gak berubah padahal udah diroot ?

    terus gimana cara mengetahui mounts2sd nya work ???

    ReplyDelete
  18. kalo buat gal ace s5830 apa harus install cwm jugakah? soalnya ini hp ane malah restar terus...

    ReplyDelete
  19. Untuk yang sudah pakai Link2sd bagaimana? Apa harus uninstall, unlink atau gmana? Kalau langsung download dan dijalankan, apakah bisa terjadi crash? Kemudian link2 yang di SD card apakah berpengaruh jika Mounts2sd dijalankan tanpa uninstall link2sd? Tks sebelumnya

    ReplyDelete
  20. udah di root tap lib, masih ga bisa di centang, terus, udah di ikutin tapi masih tetap sama gan, gax berubah internalnya... kenapa ya???

    ReplyDelete
  21. gan kok ane gk bisa dibuka ya mounts2sd nya. malah disuruh download busybox in all in one

    gimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lohh kok bisa gitu gan, ada penayangan error atau ngga tuh?

      Delete
  22. Kenapa semua pilihan disabled ya..? bagian atas ada warning kuning bertuliskan "could not locate SD-EXT partition........." apa harus dibuatkan dulu partisinya.. jika iya bagimana langkah membuat partisinya... mhn pentunjuknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. podo kang, gek komen ini rak digagas ki jaaan -.-

      Delete
    2. kayaknya sebelum diatas harusnya udah di instal init.d terus mount dulu sd-sxt nya pake cwm ato ctr

      Delete
  23. gan kalo buat gingerbread bisa ga??

    ReplyDelete
  24. makasih mas

    editing photo
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.digitalzone.selfiephoto

    ReplyDelete
  25. gan ...kok file system check nya ga nyata ya?

    ReplyDelete
  26. aku udah terlanjur pake link2sd dan partisinya FAT32 kalo pengen pake mounts2sd gmn ya?

    ReplyDelete
  27. aku udah terlanjur pake link2sd trus partisinya FAT32, kalo mau pindah pke mounts2sd gmn caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan diuninstall dulu link2sd nya baru deh pake mount2sd.
      :)

      Delete
  28. Bang Amad, MicroSD nya harus di partisi dulu ya klo mau percepat ato melegakan internal??? mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya bisa ga dipartisi cuma kurang bagus gan... Bagusnya dipartisi dulu biar sesuai format tipe disknya di sistem android.

      Delete
  29. bang amad, apakah micro sd nya harus di partisi dulu ya?? trus apakah 22nya fat32 atau fat32 ama ext3???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk melegakan pakai cara ini, kalau untuk mempercepat ram ada diartikel Cara Partisi Micro SD Card Android

      Delete
  30. kalo memakai mount2sd kartu sd card nya hrs di partisi dulu apa gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah dipartisi gpp gan kalo tujuannya cuma buat nyimpan data aja..

      Delete
  31. gan kok applications gk bisa di centang

    ReplyDelete
  32. gan kok aplications gk bisa di centang mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan ngga bisa, syaratnya harus dibuat sd nya itu ada format ext2 / swap nya biar bisa menampung aplikasi.
      Atau belum dibuat script di mount2sd..

      Delete
  33. makasih ya gan pencerahannya..
    hp q muantaaap.....
    maknyus dach mskpun hrus ada yg bda tutorialnya....
    add me gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama-sama..
      enak nih dah lega space memorinya..
      baca juga ya gan http://www.androidhint.com/2014/01/cara-flashing-samsung-galaxy-young.html

      Delete
  34. gan, kenapa amounts2sd gk bs di instal di galcore ku, ada peringatan kapasitas tdak cukup, pdahal free space msh bnyak bgt....gmn ini gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di memori internalnya gan coba cek space nya masih tersedia belum ya?

      Delete
  35. gan, napa ane gk bs instal mounts2sd ke galcore ane, ada peringatan kapasitas tdak cukup pdahal free space msh bnyak bgt gan...tlong di bantu

    ReplyDelete
  36. gan kenapa yah dah semua proses di jalalin
    tapi pas udah di link di link 2 sd aplikasinya malah jadi gak jalan
    kenapa yah?
    mohoon bantuan nya gan

    ReplyDelete
  37. gan kenapa yah app saya jadi gak jalan pas udah di link melalui link2sd ?
    mohon petunjuk hehe

    ReplyDelete
  38. MASBRO...KALU MAU PAKE MOUNT2SD APA HARUS BIKIN PARTISI DI SD CARD ,,, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro, biar efektifitasnya bagus dan berjalan lancar...

      Delete
  39. gan. ko install startupnya g bisa2 yah ? itu knpa gan ??
    mkasih sblumnya

    ReplyDelete
  40. gan waktu Klik Install Startup Script kok muncul "failed to copy 10mounts2sd-runner to / system/etc/init.d/10mounts2sd-runner

    ReplyDelete
  41. gan waktu Klik Install Startup Script kok muncul "failed to copy 10mounts2sd-runner to / system/etc/init.d/10mounts2sd-runner

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek pada bargian aplikasi rootnya. Hak aksesnya udah diijinkan belum, atau rootnya belum berfungsi..

      Delete
  42. Sara aja nih sblum ikutin tutor d atas
    Hh sdh terinstal busybox

    Hh harus support init.d cek di /system/etc/init.d (ada baiknya isi folder init.d d del aja)

    Partisi sdcardnya menggunakan cwm (kalo blum punya cwm pinjam aja hh teman yg sdh ada cwmnya)

    Nah baru instal app mnt2sdnya, krn saya berasumsi bahwa setiap hh ente semua berbeda metode rootnya jd kemungkinan cuma udah d root doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan benar sekali..

      cuma saya jelaskan ke pemulanya agak ribet sih..
      hehehe :)

      Delete
  43. maklum pemula, saya pake xperia sk17i belum diroot/perawan. apa ada aplikasi selain itu yg fungsinya sama.. yg tidak harus diroot. suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm, saya cari dulu deh mas.
      Kayaknya sih g ada.
      Soalnya dengan root, otomatis kita bisa pindah mindah aplikasi atau data di memori. dan bisa diakses kemana mana yang membutuhkan sehingga mudah dipanggil.

      Delete
  44. maklum pemula, saya pake xperia sk17i belum diroot/perawan. apa ada aplikasi selain itu yg fungsinya sama.. yg tidak harus diroot. suwun

    ReplyDelete
  45. Gan, cara ngeroot gmn ya, ane bingung ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati hati jangan sembarang ng root nanti bootloop...

      Delete
    2. tipe apa gan merk hp nya, soalnya tiap perangkat itu berbeda.

      Delete
  46. di samsung galaxy young koq ga mau jalan applikasinya???
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. samsung galaxy young rio atau yang biasa ya?
      saya coba di young rio berjalan lancar kok mba..

      Delete
  47. Gan, sy sd instal mounts2sdnya tapi dia minta BusyBox..memori card sy jg yg sy sd partisi masi gkebaca gan.sy jg sd instl busyboxnya tapi ttap aja g kebaca..solusinya gan.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. busybox itu semacam cmd pada komputer gan, jadi install mount2sd ya di busybox itu. Coba deh cari tutorialnya gan..

      Delete
  48. gan... saya udah install .., tapi kok gak bisa ya???apa handphone android nya harus di root dahulu?mohon penjelasannya.. tks

    ReplyDelete
  49. ko gak berjalan di xperia arc saya ya
    tolong dong pencerahannya

    ReplyDelete
  50. mas ko drivernya unknow ya ga bisa di klik

    gimana ya

    ReplyDelete
  51. Tolong di kasih pict nya donk gan, hasil setelah pakai Mount2sd seperti apa tampilan nya?

    ReplyDelete
  52. gan punya saya ttp g bisa padahal uda slesae semua langkah langkah nya taoi tetap aja penuh internalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pas partisi udah dibuat 3 format itu belum gan? biar memorinya nambah...
      internal memang penuh cuma kan ram nya jadi bertambah..

      Delete
  53. Suhu amad.. ane mau tnya bnyak nih?
    1. Busybox udah ane instal. HH ane udah support init.d nah di dalamm folder init.d itu apakah filenya harus di hapus?
    2. Cwm ane udah versi final dan kalo partisi sd card ane udah dibuat tapi hanya 2 partisi fat32 ama ext2 nah sewaktu ane ngejalanin moun2sd ext2 ane gak kebaca, apa mesti pakek ext3 sama fat 32 aja yng bisa? Trus suhu pkek ext brapa?
    3. Partisinya mesti pkek cwm kah ? Atau bisa pkek aplikasi lain sperti wizard minitiol( lewat pc) ?

    Tambahan: hh ane versi jb 4.1.2 udah di root dgn bner

    ReplyDelete
  54. Tolong donk..
    Minta tutorial rooting hape mito t510 tanpa pc..
    Terus apa aja yg harus ada buat pake app mount sd..

    ReplyDelete
  55. aku instal di galaxy young lancar, tapi kalau membuka aplikasi lain jadi lemot

    ReplyDelete
  56. trus kalo mau mengembalikan aplikasi dari mount2sd ke internal gmn caanya gan???

    ReplyDelete

Back to Top