Cara Backup Data pada Android dan Komputer dengan Super Backup

Cara Backup Data Lengkap di Android dan Komputer - Semua data atau file yang tersimpan tidak selamanya aman dan terjaga. Hal ini bisa dipengaruhi oleh adanya virus, kesalahan auto play format data, dan melakukan install ulang. Nah, untuk mengatasi hal ini kita perlu mempersiapkan data cadangan yang suatu hari di masa depan dapat kita restore.

AndroidHint dalam hal ini akan memberikan tutorial tentang cara backup data di android dan cara backup data di komputer dengan OS Windows 7. Pada umumnya backup data di Windows itu semua sama seperti Windows XP, Windows Vista, Windows ME, Windows Server, Windows 8, dll. Pengalaman saya dalam membackup data pribadi adalah dengan memisahkan serta mengelompokkan bagian-bagian file dokumen yang isinya sesuai dengan kategori folder yang ditentukan. Hal ini akan mempermudah kita dalam mencari data yang nantinya sudah direstore kembali.

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti data corrupt, harddisk rusak, OS windows rusak, data terhapus, harddisk terformat dan lain sebagainya yang menyebabkan data bisa hilang, maka data masih bisa terselamatkan. Backup data ini dapat dilakukan dari partisi satu ke partisi lain, backup folder maupun backup system. Dengan demikian jika terjadi kerusakan harddisk maupun data rusak atau hilang, maka data akan masih bisa munculkan dan dipergunakan kembali dengan restore backup data tadi.

Pada operating system windows 7, telah disediakan fasilitas untuk membackup data yang mudah sekali pengoperasiannya. Langkah-langkah cara backup data komputer dapat diikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini :
1. Klik Start
2. Pilih Control Panel di daftar menu sebelah kanan.
3. Klik " Backup your computer " pada bilah menu kategori System and Security .
backup data
4. Selanjutnya, Click Set up Backup.
5. Tunggu sejenak sekitar 1 menit untuk mempersiapkan space harddisk Local Disk D yang tersedia cukup atau tidak untuk menampung aplikasi, setting, registry, data files, dll.
http://www.androidhint.com
6. Biasanya untuk beberapa operating system, terdapat beberapa pilihan yang dapat anda ingin. Contohnya :
a). My documents and settings ( hanya foder my documents, favorites, desktop dan cookies)
b). Everyone’s documents and settings (foder my documents, favorites, desktop dan cookies dari semua user)
c). All information on this computer ( segala informasi yang ada )
d). Let me choose what to back up ( hanya data pilihan yang dikehendaki )

7. Pilih tempat penyimpanan yang akan disimpan.
Secara default, data backup akan disimpan pada lokasi alamat Local Disk D Pada computer.
Anda juga bisa memindahkannya ke flashdisk atau memory card jika ingin.
8. Tunggu proses backup atau penyalinan Selesai.

Sebagai catatan pengguna :
Jika Anda memilih opsi Let Windows choose (recommended), maka windows secara default akan membackup juga data berikut ini;
  • Data files that are saved in libraries, on the desktop, and in default Windows folders including Pictures (Digital photographs, clipart, drawings, and other image files)
  • Documents (Word processor files, Excel PDF PPT spreadsheets, presentations, and other document files)
  • Music (Music, play lists, CD tracks, and other audio files)
  • Video (Videos and movies)
  • E-mail (E-mail messages and contact lists that are stored on your computer
  • Compressed files (such as zip, rar, and cab) and Additional files.

CATATAN: Hanya file lokal di libraries akan termasuk dalam backup. Jika Anda memiliki file dalam sebuah libraries yang disimpan pada drive jaringan atau di internet, mereka tidak akan dimasukkan dalam cadangan.

Catatan lain yang menarik: Jika drive tujuan diformat menggunakan sistem file NTFS dan memiliki cukup ruang disk, program-program system image anda, Windows, dan semua driver dan pengaturan registri secara otomatis akan dimasukkan dalam cadangan. Image ini dapat digunakan untuk memulihkan isi komputer Anda jika hard drive Anda atau komputer berhenti bekerja.

Cara Backup Data pada Android dengan Aplikasi Super Backup

Banyak aplikasi di android yang memakan kinerja proses yang banyak. Tentu hal ini akan membuat sistem mengalami masa kerja yang berat dan dapat menyebabkan kerusakan data aplikasi terjadi hangs up. Cara Mempercepat RAM silahkan dibaca. Untuk mengatasi kerusakan atau kehilangan data pada ponsel seluler anda, mari backup data android dengan mudah dan cepat.

http://www.androidhint.com

Super Backup adalah aplikasi yang bisa menyimpan data backup berupa aplikasi, SMS, kontak, call log, kalender dan bookmark. Aplikasi ini juga bisa menyimpan backup secara berkala sesuai setting yang kamu buat, bahkan untuk aplikasi, akan bisa otomatis backup saat aplikasi tersebut kamu install. Tetapi ada satu hal yang disayangkan, yaitu backup aplikasi itu tidak termasuk data aplikasinya, jadi misalnya saat kamu restore game yang sudah kamu jalankan, kamu terpaksa mengulang dari awal.

Untuk penggunaan aplikasi Super Backup sangat sederhana karena tampilannya yang simple dan mudah dimengerti pengguna. Silahkan lakukan install, kemudian pilih opsi yang tersedia sesuai dengan kebutuhan.

Unduh Super Backup

Demikian artikel AndroidHint yang membahas Cara Backup Data pada Android dan Komputer, untuk tutorial selanjutnya baca juga cara mengganti nama akun fb anda yang kena limit. Sebagai referensi pilihan baca juga Cara Backup dan Restore Data Android dan mengembalikan setting ke default.

Belum ada komentar untuk "Cara Backup Data pada Android dan Komputer dengan Super Backup"

Post a Comment

Back to Top