Cara Factory Reset dan Kembalikan Pengaturan Pabrik di Android

How To: Wipe Device Clean, Restore Factory Settings, and Reset Your Data - Tidak semua perangkat Android dapat bekerja dengan baik dalam keadaan waktu yang lama. Apalagi jika anda tidak sering kontrol sistem proses yang berjalan dengan rutin. Dalam beberapa situasi, pengguna Google Android ingin menghapus semua data pada smartphone dan mengembalikan pengaturan pabrik ke semula. Mengembalikan mereka ke pengaturan default adalah hal yang tepat untuk menyeka device ponsel anda kembali bersih dengan proses cepat.
factory reset android

Mengapa perlu dilakukan Factory Reset ?
Ya karena reset berfungsi untuk menyegarkan perangkat dan terlihat bersih serta manajemen yang mudah terhindar dari file atau dokumen sampah yang tidak terpakai. Ide yang sangat cerdas untuk anda lakukan yaitu membuat data backup saat melakukan reset data ke pengaturan pabrik.

Langkah-langkah sebelum Reset or Restore Factory Settings :
  • Anda harus backup data pribadi yang anda ingin pindah ke penyimpanan di perangkat yang baru atau informasi penting anda akan hilang sekejap mata.
  • Sambungkan ke PC anda dan mount device Android sebagai perangkat USB.
  • Save all data on your computer hard drive
  • Anda juga dapat melakukan backup data ke server Google untuk Android. Bisa dengan backup data secara online di Dropbox yang merupakan penyimpanan file pribadi dengan akun email google anda untuk daftar dan login.

Jika ada sesuatu yang penting seperti games Angry Birds, foto-foto keluarga silahkan backup di Micro SD Card juga bisa. Kalau untuk memindahkan perangkat silakan backup di Personal Computer. Dalam tutorial ini akan dijelaskan 4 cara yang mudah untuk reset di semua tipe hp Android.

Cara Factory Reset Ponsel Android ke Pengaturan Pabrik :
1. Langkah awal, pergi ke Pengaturan / Settings.
    Dalam gambar screenshoot berikut diambil dari hp Cyanogenmod dan Samsung Galaxy. Untuk ponsel Android lainnya biasanya sama.
backup and restore data

2. Selanjutnya, di dalam menu Settings biasanya terdapat option 'Privacy Account' atau di beberapa ponsel tertentu langsung menunjukkan pilihan Backup dan Reset.
AndroidWipe_Factory Reset

3. Dalam menu Pengaturan Privasi, tekan pilihan Data Factory Reset, dan pada layar berikutnya pilih apakah Anda ingin menghapus semua data pada perangkat Anda, semua data pada kartu memori microSD eksternal Anda atau keduanya, dengan mengisi kotak centang yang sesuai. Kemudian mengkonfirmasi tindakan dengan menekan ulang Phone.
android wipe factory reset

4. Di hp lain terdapat beberapa pilihan juga. Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi Factory Reset Data sekali lagi karena semua data anda akan hilang dan segera dibersihkan. Jika anda yakin untuk menghapus semua data silahkan klik tombol ERASE.
backup and reset android in computer
5. Ceklis beberapa pilihan yang anda anggap benar. Personal Data anda akan segera diproses untuk di reset kembali ke pengaturan pabrik atau anda dapat melakukan recovery dari file backup yang telah kamu buat sebelumnya.

6. Tunggu proses hingga selesai dan berjalan sekitar 3 - 10 menit. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan reset device wipe anda tergantung dari banyaknya data pada memori internal atau Micro SD Card yang kamu punya.

7. Setelah selesai, perangkat akan reboot otomatis.
    Jika tidak silahkan restart handphone anda secara manual.

Setelah proses itu berjalan melalui sebuah reboot dan menghapus semuanya, telepon akan boot kembali persis seperti itu keluar dari kotak menu. Tidak ada aplikasi, tidak ada data , hanya ada account saja. Jika Anda hanya ingin mengatur ulang perangkat untuk menyegarkan diri dan mulai dari yang bersih , Anda dapat berhenti pada langkah ini . Semua file yang tersimpan pada memori dan SD card ponsel Anda internal ( seperti yang Anda buat backup , gambar, video atau lagu , dll ) akan tetap berada di sana . Jika Anda ingin menghapus semua itu , juga, terus membaca .

Ada dua cara untuk mengelola langkah berikutnya , Anda dapat menghapus perangkat dari ponsel , atau menghubungkan perangkat Anda ke PC Anda dan menghapus segala sesuatu dari sana . Jika Anda ingin melakukan semuanya dari perangkat Anda , Anda akan membutuhkan beberapa jenis file manager , ( sebagian besar ponsel datang preloaded dengan satu , tetapi ada banyak tersedia di Play Store ) dan jika Anda melakukannya dari Anda PC , Anda hanya perlu kabel USB Anda .

Kita akan menggunakan Astro File Manager untuk mengelola ini dari telepon . Astro adalah sangat kuat , file manager yang kuat yang dapat menangani satu ton operasi yang berbeda , ditambah gratis. Semoga artikel ini sangat mudah untuk anda terapkan dalam menelusuri bagaimana cara factory reset dan kembalikan pengaturan hp ke pabrik di gadget Android.
di 10:16 PM

3 komentar untuk "Cara Factory Reset dan Kembalikan Pengaturan Pabrik di Android"

  1. Gan. Kalau Misalnya Ane udah upgrade hp ane ( semisal versi betukan ataw os ) kalau ane reset factory. upgradetannya hilang ataw masih ada??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya hilang kan itu balik ke versi pabrik

      Delete
  2. Ane pake android lenovo s880, 2 hari lalu ngehang terus trs ane format pake factory reset.
    muncullah si robot ijo dengan panel kebuka trs sampingnya ada tulisan "Formatting /data.."
    ditungguin gak kelar2 gan..lama banget..udah 2 hari gt terus,,ga bisa diapa2in..

    itu kenapa dan ane mesti gmn ya?

    ReplyDelete

Back to Top