Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Device Manager

Tidak jarang saat beraktifitas kita lupa membawa hp ponsel genggam. Entah karena handphone tersebut hilang, ketinggalan, atau terjatuh. Cara Melacak HP Android yaitu dengan menggunakan Android Device Manager. Mudahnya bagi penemu ponsel untuk menjual hp kembali membuat panik bagi orang yang hilang dan sulit ditemukan.

Ada 3 Cara ketika smartphone anda hilang :
1. Sebelumnya anda telah menginstall aplikasi Anti Thef ( Anti Maling )
2. Ponsel di kunci dengan program buatan sendiri.
3. Menggunakan Android Device Manager yang merupakan sistem Android dengan Google Map sebagai indikator lokasi.

Dengan menggunakan "tool" ini, kita bisa melacak posisi lokasi ponsel, mengaktifkan halaman Play Store, Mengupdate aplikasi service Google, membunyikan alarm ataupun menghapus data yang ada di perangkat kita yang hilang dari jarak jauh. Nah pada posting kali ini, saya akan sedikit membahas tentang cara melacak perangkat Android yang hilang dengan menggunakan Android Device Manager.
Cara ini bisa digunakan tanpa harus menginstal aplikasi apapun pada perangkat Android yang kita miliki, sehingga bagi anda yang belum sempat menginstal aplikasi "Anti Theft" (anti maling) atau semacamnya, anda tidak perlu lagi khawatir. Namun yang perlu diperhatikan adalah tool ini hanya mendukung perangkat Android versi 2.2 keatas, sehingga bagi anda yang menggunakan perangkat dengan versi dibawahnya tidak akan bisa menggunakan tool yang satu ini.

Cara menggunakan Android Device Manager tergolong sangat simple dan mudah, hanya perlu beberapa hal untuk dapat memastikan bahwa tool ini akan bekerja dengan baik. Dan seperti yang saya sebutkan diatas, anda tidak perlu menginstal aplikasi apapun, yang diperlukan hanyalah sambungan internet dan GPS (pada perangkat Android) serta pada alat pelacak (bisa menggunakan laptop, PC computer, tablet atau smartphone lainnya) hanya membutuhkan koneksi internet dan browser (aplikasi penjelajah internet seperti Google Chrome, Mozila Firefox dll). Nah berikut langkah mudahnya :

Langkah yang harus dilakukan saat perangkat Android hilang

1. Pastikan anda sudah sign in akun Google (gmail) pada smartphone Android anda. Jika belum sign in atau belum memiliki akun Google yang tersimpan pada perangkat, maka anda tidak akan bisa menggunakan service ini.

CATATAN : Akun gmail sangat penting bagi para pengguna perangkat Android bukan hanya untuk dapat melacaknya jika terjadi kasus kehilangan, tapi juga untuk dapat menikmati semua service dari Google di perangkat Android anda. Anda bisa mendaftar akun gmail langsung melalui perangkat Android anda. Silahkan loncat ke halaman cara membuat akun gmail baru menggunakan Android.

CATATAN : Google telah mengupdate ketentuan untuk service ini. Anda perlu melakukan beberapa aktivasi pada perangkat jika ingin menggunakan service ini secara maksimal. Jadi bagi anda yang masih bisa untuk melakukannya, silahkan pergi ke halaman Tips pengguna baru Android : Cara Setting Android Device Manager untuk Pemula.

2. Pada perangkat yang akan digunakan untuk melacak Android anda (dalam contoh, saya menggunakan PC atau laptop) silahkan buka browser dan buka halaman Android Manager disini.

Android Device Manager Location

3. Perhatikan gambar diatas. Jika sudah terbuka, pastikan anda sudah masuk ke akun Google (gmail) yang sama dengan akun Google yang anda gunakan pada perangkat Android anda yang hilang (perhatikan panah berwarna merah, itu adalah akun Google yang anda gunakan). Selanjutnya Android Device Manager akan meminta izin anda untuk dapat melacak perangkat Android anda. Pilih Accept.

4. Anda akan melihat semua perangkat yang tersambung dengan menggunakan akun Gmail anda. Pilih perangkat jenis mana yang mau anda cari dan deteksi lokasinya.

android devices location

5. Jika sudah terintegrasi dengan ponsel anda. Maka muncul kotak dengan terdapat beberapa pilihan yang dapat diaktifkan.
LOCK : Untuk mengunci perangkat HP Android anda.
RING : Berfungsi membunyikan alarm dan memberikan isyarat kepada penemu ponsel.
ERASE : Hapus perangkat

Silahkan ikuti tutorialnya dengan urutan seperti gambar berikut ini :
melacak-ponsel-android-yang-hilang

6. Pada saat anda melakukan perintah LOCK, maka anda diberikan akses penuh. Silahkan masukkan password untuk mengunci perangkat. Password ini digunakan untuk membuka android anda jika hp nya sudah dikembalikan pencuri itu.

7. Setelah selesai mengunci perangkat, mulailah untuk melacak dan mencari keberadaan perangkat anda dengan meng-klik icon refresh (tombol nomor 2 pada gambar di langkah 5) lalu perhatikan gambar dibawah ini. Itu adalah lokasi terakhir dimana perangkat anda dapat dilacak oleh Google. fasilitas ini mirip seperti penggunaan Peta Map GPS contohnya Sygic Map Indonesia Downloader.

Silahkan double klik peta untuk memperbesar gambar. Anda juga dapat memperbaharui informasi lokasi terakhir perangkat anda dengan mengklik tombol "refresh" seperti yang ditunjukkan oleh kotak berwarna merah.
melacak lokasi android yang hilang

8. Indikator berwarna merah dan panelnya adalah menunjukkan lokasi keberadaan hp android anda. Silahkan Zoom untuk memperbesar sehingga tau daerahnya. Tidak hanya daerah tetapi lengkap dengan nama jalan, kota, nomor, area, persimpangan jalan, dll.
melacak lokasi ponsel yang hilang

Keterangan : Apabila fitur GPS belum anda aktifkan sebelum HP Anda hilang, maka anda tidak bisa melacak seperti pada contoh. Lebih baik anda lakukan penghapusan data dengan meng-klik tombol "Erase" (tombol nomor 4 pada langkah ke-5 diatas)

Jika anda menghampiri lokasi tersebut, silahkan klik RING untuk membunyikan perangkat dan anda jadi bisa dimana rumah orang yang mengambil handphone anda.

Semua langkah diatas dapat berjalan sesuai tahap jika HP Android anda GPS sedang aktif, dan dalam keadaan AKTIF. Jika ponsel dalam keadaan mati atau tidak ada sumber daya maka tidak bisa terdeteksi. Oleh karena itu lakukan pendeteksian ketika hp anda pertama kali hilang secepatnya. Jangan sampai menunggu beberapa menit, 1jam, atau bahkan sudah hilang 1 hari tentu akan lebih repot.

Semoga Cara Melacak HP Android yang hilang dengan Device Manager dapat bermanfaat.
di 4:14 PM

9 komentar untuk "Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Device Manager"

  1. mas, kan saya udah kasih kunci trus cara hapusin kuncinya gimana ?

    ReplyDelete
  2. mas android saya kan sudah di root, apa bisa di lacak.. soalnya saya sudah di coba? tapi tidak terlacak di petanya. . . terus di situ cuman ada pilihan ring sama setup lock/erase saja. . . mohon pencerahannya ya mas.. android s3 mini saya ada ynang nyuri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti dia udah matiin fitur untuk melacaknya gan. contohnya gps tidak dinyalakan jadi g bisa ke tracking...

      Delete
  3. mas, saya barusan kehilangan nih. td sdh buka device manager cuma ada 2 perintah.ring sama set up lock/erase. saya klik set up lock/erase trs muncul send up notification? saya klik yes. trs gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas notification, tulisannya itu apa yah?
      :)

      Delete
  4. kalo lokasi tidak tersedia terakhir online tanggal blablabla itu gimana ya ? yang gak online apanya ? terus harus gimana ?

    ReplyDelete
  5. kalo tulisanya tidak tersedia lokasi terakhir online 5 juni 2014 itu apa yang gak online mas ? terus harus gimana ? barusan hilang ini

    ReplyDelete

Back to Top