Tips Menghemat Baterai Ponsel Android Anda

Artikel menarik kesempatan ini berkaitan Tips Cara Menghemat Baterai pada Android agar tidak cepat Low battery. Ada berbagai macam aplikasi penghemat sumber daya baterai yang bisa digunakan. Dengan banyaknya beragam aplikasi android termasuk bermain game akan menguras performa baterai menjadi tiris dan habis.
battery saver android
Untuk mengoptimalkan kinerja baterai kita harus cermat dalam melakukan setting sumber daya processor di ponsel Android anda. Gambar diatas adalah pengaturan agar baterai HP Android anda menjadi awet, hemat, menyimpan dengan baik, tidak cepat habis dan aman. Anda dapat mengaturnya dengan masuk ke bagian Settings » About phone » Battery use

Pengaturan tersebut sangat baik dan bekerja optimal mengurangi jumlah pemakaian setiap aplikasi yang berjalan di background atau sedang running. Tips Menghemat Baterai Android ini pernah disampaikan di Majalah Info Komputer. Baca Cara Menambah RAM di Android.

Menggunakan software bukan berarti menghemat baterai malah justru akan membuat baterai bekerja lebih keras. Untuk mengoptimalkan ketersediaan ruang proses Android, anda perlu melakukan uninstall terhadap aplikasi yang memakan banyak sumber daya.

Namun ada software andalan yang dapat dijadikan tumpuan Anda mengontrol kinerja dan performa batterai yaitu Easy Battery Saver ( Download ). Meskipun menggunakan aplikasi ini, tetap saja cara paling hemat merawat batterai adalah dari pengaturan diatas.

Tips Cara Menghemat Baterai dan Mengoptimalkannya :
  • Dim layar. Layar hp memakan paling banyak penggunaan baterai. jadi, mengatur kecerahan layar pada tingkat yang rendah, trik ini bisa memperawet baterai ponsel android Anda.
  • Matikan Wi-Fi jika tidak digunakan. Jika Anda tidak menggunakan jaringan wifi, kemudian matikan ponsel Anda wifi ponsel untuk menghemat penggunaan android.
  • Juga, matikan bluetooth, gps, suara, dan getaran untuk baterai diperpanjang kehidupan android.
  • Uninstall aplikasi yang tidak digunakan, terutama aplikasi yang secara otomatis terhubung ke koneksi internet seperti garis, ym, dll.
  • Menyesuaikan kecerahan layar (brightness) pada posisi terendah, atau mematikan siang hari.
  • Matikan Sync. Gulir ke bawah pada layar awal, tekan ikon Sync. Seperti konsekunesinya Anda tidak akan mendapatkan email pemberitahuan, facebook, twitter dll.
  • Mengurangi volume dan mematikan nada dering getar
  • Hapus aplikasi yang tidak terlalu penting dan jarang digunakan.
  • Install aplikasi Task Killer (gratis) dan terbuka secara berkala untuk menutup semua proses yang berjalan
  • Install aplikasi Battery Dr Saver (gratis) dan terbuka secara berkala untuk menutup semua proses yang berjalan

Dengan melakukan semua hal di atas, akan membuat masa pakai baterai pada ponsel android Anda akan lebih efisien dan tidak boros mudah. Dan intinya tidak akan ada uang untuk membeli baterai baru tidak.

Matikan GPS. (Pengaturan »Keamanan & lokasi» Aktifkan satelit GPS) Ketika penerima GPS pada perangkat Android Anda aktif terlihat untuk satelit, dan prosesor mempersiapkan informasi yang akan dikirim untuk setiap aplikasi yang membutuhkannya, terlepas dari apakah sebuah aplikasi yang menggunakan GPS sedang berjalan atau tidak. Jika Anda tidak menavigasi, matikan GPS dan membiarkan penggunaan perangkat apapun layanan lokasi alternatif penyedia jaringan nirkabel Anda mungkin menawarkan.

Demikian beberapa cara untuk mengoptimalkan penggunaan baterai menjadi lebih hemat, gogreen, dan bekerja efektif. Baca juga artikel Cara Mengamankan Ponsel Android dengan baik.
di 4:32 PM

Belum ada komentar untuk "Tips Menghemat Baterai Ponsel Android Anda"

Post a Comment

Back to Top